Kreatif ! Menghias Rumah dengan Awo / Bulo Gading Bugis Makassar

POHON BAMBU

Menghias teras dengan Awo / Bulo Gading Bugis Makassar

#Tanaman Hias, imitasi BULO GADING

#BAMBU KUNING IMITASI

   

Pohon Bambu

Bambu adalah jenis tanaman yang mempunyai akar serabut dengan batang slinder tumbuh memanjang 5 - 9 meter, dia meter jugs tidak terlalu besar berkisaran 5 sampai 10 cm di setiap jenisnya,  bambu merupakan jenis tanaman yang pertumbuhannya lebih cepat dari tanaman pada biasanya, ia bisa tumbuh 10 cm tiap harinya, bahkan 1 meter untuk jenis tertentu.

Pohon Bambu ini sering digunakan oleh tukang bangunan untuk kerangka penahan, tiang penopang dan lain sebagainya, dan juga biasa juga dijadikan anyaman , hiasan dan bahan rumah tangga lainnya. Hanya saja, dengan ketinggian yang dimiliki, tidak banyak orang menggunakannya sebagai tanaman hidup di area pekarangan rumah, tapi bagi orang tertentu mampu menjaidkan tanaman bambu menjadi hiasan rumahan.

Macam-Macam Bambu

Bambu Petung

Bambu ini merupakan salah satu bambu dengan ukuran besar, ia bisa mencapai 10 cm hingga 18 cm tiap batangnya, panjang bisa tumbuh hingga 40-50 mete, biasanya makin tumbuh tinggi makin melengkung. warna hijau polos.

Bambu Kuning

Bambu ini agak langkah , ukurannya normal , diameter 10 hinga 12 cm, dan panjangnya juga hingga 12 meter. ia berwarna kuning dengan motif garis hijau dan tekstur kulit yang halus.

Bambu Bali

Bambu bali ini juga berwarna kuning, motif hijau, namum berdasarkan informasi bahwa kulitnya agak kasar.

Bambu Hitam

Jenis bambu yang juga ada di Indonesia, tumbuh hingga 18 meter dengan diameter 6-10 cm. tumbuh di tanah lembab dan suhu tropis.

Bambu Andong

Bambu ini memiliki warna hijau dengan motif putih garis vertikal, ia tumbuh di indonesia, dan garis putih yang dimilikingnya akan kering seiring dengan keringnya bambu, dan ia juga lebih cepat rapuh dibandingkan dengan bambu lainnya.

Bambu cendani

Ini jenid bambu yang bisa tumbuh tegak dengan warna hijau bila ia masih muda dan akan berubah menjadi kuning bila ia sudah tua. diameter hingga 5-8 cm. ia sangat kuat dan sering jadi bahan rangka bangunan.

Selain Bambu di atas, ada juga bambu lain seperti ;

- Bambu Gendang
- Bambu Ampel
- Bambu Jepang
- Bambu Apus

Bambu apus adalah jenis tanamn bambu tumbuh berkelompok dengan tang tegak  dengan diameter 4 hingga 15 cm, ia memilk ruas yang panjang 20 hingga 60 cm. dan tumbuh hingga 22 meter.

JENIS BAMBU

Ada 2 macam bambu, yakni bambu hidup dan bambu imitasi, Bambu hidup ini adalah pohon bambu yang butuh air, tanah dan sinar matahari untuk tumbuh. sedangkan bambu imitasi ini adalah jenis bambu hias yang tidak hidup dan hanya merupakan duplikasi dari bambu hidup.

Bambu imitasi dibuat untuk dijadikan hiasan dan dekorasi rumah kantor hotl dsb, dengan ketinggian yang dimiliki bambu hidup sehing tidak ada orang yang menjadikan nya tanaman hias di pekarangan rumah, kecuali ia merupakan jenis tanaman bunga .


bambu imitasi ini sering diproduksi karena penggemar hiasan bambu sudah booming, peminatnya sudah banyak, karena tidak tumbuh dan hanya sebagai hiasan, tidak layu dan tidak kering.

Menghias Rumah dengan Awo / Bulo Gading Bugis Makassar ( BAMBU KUNING IMITASI )

Deskripsi :
Bunga Bambu kuning imitasi karya galeri bunga. Bambu asli dari bambu kuning dari area pegunungan. Nama originalnya adalah "Bulo gading" untuk daerah bahasa makassar, dan "awo lagading" untuk masyarakat daerah bahasa bugis.

Bambu kuning sangat langka, segingga ide kreasi dan inovasi dari galeri bunga untuk mengawetkan dan menjaga keindahannya. Karena bambu kuning ini, sedikit demi sedikit jadi punah dan tidak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, kadang di bakar, dibiarkan hingga rusak ataupun dijadikan penyanggah atau tiang renovasi bangunan.

Bambu kuning ini sangat unik dan memiliki keindahan dan tampilan yang sangat menarik. Sehingga sayang sekali bila di abaikan, di bakar, dan di biarkan punah begitu saja, khususnya daerah pegunungan bambu Dataran tinggi kabupaten gowa, tepatnya di daerah kecamatan bontolempangan.

Renacana galeri bunga, menanam ulang walau masih dalam jumlah kecil, dan membuatnya menjadi hiasan rumahan, kantoran bila ia sudah mulai menua.

Seperti pada gambar di atas, menggunakan batang bambu kuning asli, bulo gading asli, kemudian daunnya yang sudah kering di buang dan diganti dengan daun plastik imitasi dari pabrik khusus bunga. Sehingg ia tidak akan layu lagi meski di dalam ruangan, karena ia berubah menjadi hiasan imitasi.

Kelebihan :

Bambu kuningnya sudah diberikan pengawet cat minyak anti gores, vernis pelitur bening, sehingga kualitas ketahanan bisa mencapai hingga 10 tahunan. Begitupun juga daun bambu imitasi plastiknya.

Mudah dibersihkan bila ia berdebu, bisa di cuci, semprotan air namun bukan air dalam volume banyak. Dan bukan untuk disiram layaknya bambu hidup.

Potnya juga sangat kuat terbuat dari tripleks tebal dan diberikan pemberat dan stiker HVL anti air, agar tripleksnya tahan air.

Kekurangan :

Bukan bunga hidup, bambu kuning asli dipadukan dengan daun plastik imitasi.

Comments

SPONSORSHIP

Popular posts from this blog

VIRAL - Mawar Jumbo di Minati Orang Banyak

Traveling Bersama Bunga Lampu Dekor Karya Galeri Bunga

BACA JUGA !