Kreasi Untuk Anak Sekolah Bugis-Makassar, Karya Galeri Bunga Generasi Pertama dari Barang Tak Bernilai

KREASI BEKAL ANAK SEKOLAH

Kreasi Untuk Anak sekolah, 
Karya Galeri Bunga Generasi Pertama dari Barang Tak Bernilai
by : Galeri Bunga

 

Kreasi Sekolah

Kreasi Sekolah adalah aktifitas dalam lingkup sekolah dalam mewujudkan sesuatu yang baru, yang lebih menarik dan bermanfaat. Kenapa kreasi ini harus lebih menarik dan bermanfaat karena apalah dikatakan kreatif bila hasil aktifitas hanya sepadan, mirip dari sebelumnya. Olehnya itu, kreasi itu adalah hasil yang memberikan lebih dari hasil sebelumnya, maka dinamakanlah kreatif. Hasil tersebut juga harus bermanfaat, minimal memiliki nilai plus dari segi kecantikan dan lain lain.

Kreasi Sekolah secara umumnya melibatkan seluruh pihak yang ada di jajaran sekolah seperti guru dan siswa serta pegawai sekolah lainnya, Namun dalam pembahasan kali ini, akan lebih mengarah kereasi yang dilakukan oleh anak sekolah.

Kreasi Anak-anak Sekolah

Kreasi anaks sekolah tentunya tiada lain untuk mengasah keterampilan anak anak, biasanya dalam mata pelajaran seni, mulok, tentang kerajinan.

Dalam mengembangkan potensi keterampilan anak anak, pada biasanya di berikan tugas dalam membuat kerajinan tangan, dan pada selanjutnya dapat dimanfaatkan oleh sekolah. Seperti halnya membuat sapu tangan, lap tangan, membuat bingkai, dan gambar gambar dan tulisan, 

Kreasi Bunga dari barang bekas

Kreasi membuat bunga dari barang bekas, yakni barnag yang digunakan merupakan barang yang sudah tak difungsikan lagi, dari pada dibuang dan mengotori dunia, mending dirubah menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti membuat bunga.

Galeri bunga pada biasanya, membuat bunga dari barang bekas seperti botol sirup ABC, DHT, Marjan bahkan botol soda yang kemudian dijadikan sebagai vas bunga. dan adpun bunganya berasal dari kain perca, sisa sisa jahitan, atau kain planel sisa buatan dan kain stoking, bahkan bahan dari kresek kantogan bekas dan plastik bekas.

Semua bahan tersebut di olah oleh galeri bunga hingga dibuatlah menjadi bunga hias yang nilai kecantikan dapat diberikan nilai rupiah bila hendak menjualnya, bahkan dengan harga yang di atas, dalam hal ini, barang tak bernilai, tak berfungsi diolah menjadi barang antik dan mewah.

KREASI BUNGA DARI BARANG BEKAS

Deskripsi :

Galeri Bunga ingin memperkenalkan cikal bakal tumbuhnya kreasi produktif di toko galeri bunga Yakni Hobbi "gunting menggunting dan lem di lem", "ungkapan seniman crafter". Sebuah kreasi seni yang sering di ajarkan pada anak sekolah dalam membuat barang barang seni dan bernilai, khususnya anak bugis dan makassar dengan ciri khas tulisan lontara pada motif pot botolnya.

Bunga yang terlihat pada gambar di atas merupakan karya galeri bunga sebelum nama toko bunga "Galeri Bunga " itu sendiri di resmikan. Bunga tersebut di atas berasal dari tumpukan barang di pergudangan rumah, laci, lemari, yang penuh debu dan botol minuman sirup seperti SIrup ABC dan DHT.

Barang yang dikumpulkan adalah picis kain flanel sisa guntingan alias kain perca. kemudian kresek tempat menyimpan dan membungkus barang, sedikit kawat untuk batang dan tangkai, benang untuk mengikat, serta lem lilin, tanpa lem lilin maka bisa juga menggunakan korek api. dan potnya berasal dari botol sirup yang dipotong hingga dapat digunakan sebagai vas bunganya.

Semua alat dan bahan di atas sangat mudah di dapatkan dalam rumah. bahkan tanpa kain flanel, kresek pun bisa jadi kembang. untuk cara pembuatannya, bisa di temukan di chanel youtube galeri bunga, pertama ; http://www.youtube.com/c/fortunefamilytv/  , kedua : http://www.youtube.com/c/keluargamandirichannel/ .

mahkota dan kelopak bunga berasal dari kain flanel, digunting dengan pola hingga dilipat dan membentuk bunga, dibuat dengan jumlah secukupnya. begitu juga dengan putik bundar yang terbuat dari kresek kemudian dibuat bulat dan diikatkan dengan benang agar bulatannya bertahan dan tidak terbukan. Daunnya juga berasal dari kresek digunting menyerupai bentuk daun dan rangka daunnya nanti berasal dari kawat agar daunnya kuat dan terlihat seperti daun asli.

Kesemua hasil guntingan di atas, di rangkai bersusun dan satu persatu di sebuah kawat yang dijadikan sebagai batang atau ranting. Panjang dan tinggi bunganya tergantung seberapa panjang potongan kawat yang anda gunakan. kawatnya dililit menggunakan kresek biar tertutupi dan lebih rapi mirip dengan batang bunga atau tanaman.

Setelah dirangkai, nantinya akan di tancap di pot botol yang telah di potong dan di cat warna sehingga memiliki motif. Pada gambar di atas memiliki tulisan  lontara aksara yang memberikan identitas karya bugis-makassar. Hasil cetakan yang diprint di kertas biasa kemudian digunting membuat lubang membentuk huruf lontara, kemudian di templekan di pot botolnya dan di cat semprot, pilox lebih baik untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus.

Taaaddddaaaaaaa, Itulah hasil seperti gambar di atas, tutorialnya, dapat ditemukan di chanel youtube galeri bunga pada akun channel pertama ; http://www.youtube.com/c/fortunefamilytv/  , kedua : http://www.youtube.com/c/keluargamandirichannel/ .


Comments

SPONSORSHIP

Popular posts from this blog

VIRAL - Mawar Jumbo di Minati Orang Banyak

Kreatif ! Menghias Rumah dengan Awo / Bulo Gading Bugis Makassar

Traveling Bersama Bunga Lampu Dekor Karya Galeri Bunga

BACA JUGA !